Coretan Kisah

SEPOTONG KISAH KU DALAM SEBUAH TULISAN

        Btw ini pertama kalinya gua bikin kaya ginian di blog gua, padahal punya blog ini udah lama tapi ga pernah digunain, jadi kepikiran sedikit gua mau cerita dan entah apa yang membuat gua ingin menulis kisah gua yang penting ga penting ini hahahah. Oiya cepet banget rasanya sebentar lagi udah mau SBMPTN 2018 aja, kalo gua inget inget gimana perjuangan gua 2 tahun lalu, ya... 2 tahun lalu. Perjuangan yang ga akan bisa gua lupain, dari seneng, sedih, ke seneng lagi. Padahal minggu ini gua lagi UTS tapi gua masih menyempatkan diri buat nulis ini hahaha. Semoga kalian yang sedang berjuang untuk masuk ke PTN favorit kalian bisa tercapai, Amiinn.
         Gua lulus SMK tahun 2016, dan gua persiapin semuanya buat masuk PTN favorit gua. Dari mulai SNMPTN, SBMPTN, bahkan Mandiri. Awalnya lewat jalur SNMPTN gua kaya iseng iseng ajasih sebenernya, pilih PTN suka suka gua aja gitu karena gua juga kan dari SMK, jadi ga terlalu berharap tembus lewat jalur SNMPTN, Tapi gua tetep berharap jadi salah satu orang yang beruntung bisa tembus PTN. Sayangnya, Allah berkata lain, gua ga tembus, sakit sih, tapi yaudahlah masih ada 2 jalur lagi. Oke gua coba jalur peruntungan gua lewat SBMPTN, dan di sini gua kocak juga karena terlalu optimis yang menjerumuskan diri gua sendiri dengan memilih PTN yang favorit semua hahahaha. Inget ya, optimis boleh, tapi jangan terlalu, ntar sakit! Dan dengan rasa kecewa, gua ditolak untuk kedua kalinya:( Dari rasa kecewa dan sakit yang bertubi tubi ini gua tetep berharap, optimis bisa masuk PTN lewat jalur Mandiri tepat di tahun 2016 sesuai dengan rencana yang gua buat. Dan.... lagi lagi pemirsahhh, gua ditolak untuk ketiga kalinya. Asli, waktu gua lagi di posisi ini gua kaya hilang arah, gatau mau ngapain, sekaligus ngecewain orang tua gua juga:( karena rencana yang udah gua buat sedemikian rupa ga sesuai sama yang gua harapkan. Kalo liat orang lain kok enak banget sih dia beruntung, bisa masuk sana, bisa masuk sini, coba gua jadi dia. Gua berkaca, sampe kapan gua harus berfantasi membayangkan diri gua jadi dia yang beruntung? Gua hidup di dunia nyata dan jalanin kehidupan gua sesuai realita. Jalan menuju PTN udah tertutup rapat, dan di sini gua harus ubah haluan gua, karena saat itu gua juga ga mempersiapkan kampus swasta, ini yang tadi gua bilang gua terlalu optimis masuk PTN sampe gua sakit sendiri karena keoptimisan gua itu.
           Masih ditahun yang sama, 2016. Gua harus ngapain? Setelah ditolak PTN bertubi tubi. Oke gua ubah haluan gua yang tadinya mau kuliah jadi kerja sekaligus ajakan temen gua juga sih "yaudah lu kerja aja Han, bareng gue, gue juga belom dapet kerjaan kok" begitu katanya. Akhirnya gua coba ngelamar ngelamar kerjaan, ternyata dia dapet panggilan lebih dulu, tapi di ga lolos seleksi apa itu gua lupa. Terus pas panggilan yang kedua kita bareng buat tes tertulis di salah satu pabrik yang lumayan bonafit. Dan itu tadi! Gua gagal:( Temen gua lolos seleksi breeee, pyarrrr kalo gua gagal gini terus gua nyerah, gua pasrahhhhh. Tapi ibu gua tetep ngedukung gua, dan beberapa temen gua juga ada yang belom dapet kerjaan, akhirnya kita bikin lamaran bareng walaupun tesnya ga bareng. Waktu itu tanggal 8 September 2016 kalo ga salah, gua tes kesehatan di salah satu pabrik yang kebetulan deket dari rumah gua, besoknya gua dateng lagi buat liat daftar lolos tes kesehatan, gua seneng ada nama gua. Akhirnya hari itu gua lanjut buat tes tertulis, dan sorenya gua dapet sms buat dateng ambil baju seragam, intinya gua lolos lah. Udah sedikit terobati lah ya setelah ditolak PTN. Tapi gua tekankan ke diri gua sendiri, dunia kuliah sama kerja itu beda, dimana ketika kuliah agak bebas mau ngerjain/engga tugas dari dosen, tapi di dunia kerja "lu itu di bayar" jadi harus menguntungkan, bisa dibilang jangan bikin barang yang NG (rusak/jelek/repair). Belom lagi dari lingkungan, di dunia kerja gua nemuin orang yang unik juga dari berbagai macam kalangan, ada yang baru lulus, ada yg usianya udah matang, ada juga yang udah ga muda lagi. Ya jadi gua dapet temen yang macem macem, tapi di sini gua ngerasa ada unsur senior junior, jadi gua yang baru masuk sama temen gua ini merasa asing, agak susah berbaur, contoh sederhana kaya istirahat makan bareng di kantin, ini kaya hal yang mustahil. Dan pandangan mereka agak sinis gimana gitu, tapi yaudahlah ya gua gamau ambil pusing yang penting gua kerja dan dibayar. Singkat cerita, kontrak kerja gua di pabrik itu udah abis, padahal waktu itu menjelang tahun baru. Dorrrrrr!!!! Gua bingung lagi mau ngapain, akhirnya gua bikin bikin lamaran, ga keitung berapa banyak lamaran kerja yang udah gua buat. Tapi ada hasil juga ternyata walaupun agak lama, bulan Januari gua lupa tanggal berapa, abis bangun tidur tiba tiba gua dapet telpon buat ikut tes tertulis di salah satu pabrik yang gua bilang bonafit tadi. Gua gatau kenapa tapi ini prosesnya lumayan cepet, mungkin ini emang jalan dari kegagalan gua tembus PTN, jadi gua harus ngalamin susahnya cari uang. Tes tertulis udah gua ikutin, sorenya ditelpon buat lanjut tes interview sampe 5x dan ga gua angkatttttt, ahhh nyarisss, untungnya disms jadi gua bisa bales. Besoknya gua interview, degdegan sih karena kali pertama interview kerja dan di tempat kerja sebelumnya ga pake interview. Akhirnya gua lolos, besoknya disuruh ikut tes kesehatan di salah satu Rumah Sakit yang lumayan gede rujukan dari pabrik itu. Gua ikutin tiap prosesnya dan akhirnya lolos. Ternyata ini baru lolos tahap tarining(magang) belom sepenuhnya kerja. Aturannya Training 3 bulan terus dilanjut kontrak kerja setahun, dan di sini gua berpikir apa ini jalan gua buat ikut SBMPTN lagi? Tapi yaudah gua jalanin dulu aja, bulan pertama gua berbaur sama temen temen baru gua, bulan kedua udah mulai terjun ke pabrik langsung dan gua dapet bagian assembly, bulan ketiga waktunya gua memilih, gua lanjutin kerja kontrak setahun atau ikut SBMPTN?
          Di posisi ini gua banyak pertimbangan, akhirnya gua nanya ke ibu gua, dan ibu lebih setuju gua lanjutin kuliah karena umur gua juga masih cukup muda ciaaa... Oke karena restu dari ibu sekaligus bapak gua, gua mengundurkan diri ga ngambil kontrak kerja setahun, cuma ikut Training 3 bulan tadi, waktu itu bulan April 2017. Dari sini gua gamau ngulangin kesalahan gua di tahun lalu, jadi gua memutuskan buat ambil kampus swasta dulu, jaga jaga seandainya ga tembus PTN. Gua daftar di salah satu kampus swasta ikut gelombang pertama dan tesnya pas bulan puasa breeee... Terus gua daftar SBMPTN, pertimbangan gua karena ini tahun kedua gua, jadi gua pilih PTN yang berdasarkan peluang, gua udah ga berharap sama PTN favorit. Nah, gua agak bingung pilih prodi, jadi gua cuma liat hasil ujian gua mata pelajaran apa yang nilainya paling tinggi. Pilihan pertama dan kedua gua ambil prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kenapa? Ya iyasih karena pengen jadi guru, dan gua juga kan dari SMK yang non teknik jadi terbatas lah ya mtk, fisika dsb, itusih yang jadi pertimbangan gua ambil prodi PBSI. Pilihan ketiga gua ambil prodi Ilmu Perpustakaan, kalo ini gua ambil karena pertimbangan panlok sih, soalnya gua ambil PTN Uin Jakarta dipilihan ketiga. Ga sampe di situ aja, gua tetep ikut Mandiri, SPMB Uin Jakarta karena yang paling deket sama rumah gua hahahaha selain UI. Usaha udah, tinggal berdoa sambil nunggu hasil.... Pertama hasil pengumuman kampus swasta, gua lolos, oke gua seneng tapi ya seneng yang biasa aja sih hehe. Kebetulan bayar UKT di kampus swasta ini bertepatan sama pengumuman SBMPTN, Nah kannnnn... Campur aduk hati gua kaaya gado gado. Untungnya pengumuman SBMPTN ini bisa dibuka jam 14.00 wib, dan batas pembayaran UKT sampe jam 20.00 wib, jadi gua bisa lah mensiasatinya hahahah. Btw waktu menunjukkan udah jam 14.00 wib, jeng jeng seperti biasa ga bisa langsung diakses websitenya karena banyak orang yang akses, jadi gua harus menunggu. Sambil nunggu gua ajaklah temen gua buat nemenin gua ke kampus swasta mau bayar UKT yang siapa tau gua ga lolos SBMPTN lagi kaya tahun lalu. Udah sampe, gua masih ragu ragu mau bayar, gua masih penasaran sama hasil pengumuman SBMPTN, sampe akhirnya gua minta temen gua yang ngecekin dan gua ga berani liat. Tapi gua penasaran kan, yaudah gua ngintip dikit, eh ada gambar barkot..... Akhirnya gua tembus SBMPTN, ya emang sih bukan PTN favorit, tapi setidaknya masih PTN. Dan ini menandakan gua harus siap merantau ke kota orang, jauh dari orang tua, belajar mandiri dll. Gua bertanya tanya apakah gua siap atau engga? Pas gua sampe di rumah, gua bilang ke ibu gua kalo gua masuk di Universitas Tidar, saat ini masih satu satunya PTN yang ada di kota Magelang. Wah! Untuk pertama kalinya gua liat ibu gua senengnya buka main, gua sampe berkata dalam hati "ibu gua seseneng ini kah?"
          Yaa intinya dari yang gua alamin, kegagalan bukan akhir dari segalanya, masih ada jalan yang lain, kecuali jalan buntu hahaha. Kalo emang gagal yaudah gaperlu disesali, hanya saja apa yang selanjutnya harus dilakukan? Pertimbangan juga perlu sih, seandainya rencana yang udah dibuat sedemikian rupa ga mesti berjalan lurus kan masih ada rencana kedua, ketiga dst...


Sekian dari gua, makasih atas waktu dan kesempatannya yang udah mau baca sepotong kisah gua ini :)))

Magelang, 10 April 2018


Hana Tri Astuti

Komentar